Ahad, 6 Mac 2011

LANJUTAN...
NGAJI KITAB AL- KAILANI MATAN TASHRIF AL-IZZI (ILMU SHOROF) > PELAJARAN 27 > FASHL FI'IL MU'TAL > MU'TAL FA' (BINA AJWAF)

والْثَّانِيْ: الْمُعْتَلُّ الْعَيْنِ, وَيُقَالُ لَهُ: الْأَجْوَفُ, وَذُو الثَّلاَثَةِ ؛ لِكَوْنِ مَاضِيْهِ عَلَى ثَلَاثَةِ أَحْرُفٍ, إِذَا أَخْبَرْتَ عَنْ نَفْسِكَ؛ نَحْوُ: قُلْتُ وَبِعْتُ,

Fi'il Mu'tal yang kedua adalah : Mu'tal 'Ain (huruf illah ada di 'Ain Fi'ilnya) disebut juga bina' Ajwaf (berlubang) atau disebut juga Dzu Tsalaatsah (si empunya 3 huruf) karena pada fi'il madhinya tetap tiga huruf saat kamu mengabari tentang dirimu contoh: "QU.L.TU" (qof, lam, ta) dan "BI.'.TU" (ba, 'ain, ta).

فَالْمُجَرَّدُ مِنْهُ تُقْلَبُ عَيْنُهُ فِي الْمَاضِيْ أَلِفًا, سَوَاءٌ كَانَ وَاوًا أَوْ يَاءً؛ لِتَحَرُّكِهِمَا, وَانْفِتَاحِ مَا قَبْلَهُمَا؛ نَحْوُ: صَان وَبَاعَ

Maka bentuk fi'il mujarradnya (tsulatsi mujarrad) 'ain fi'il madhinya diganti alif, baik berupa Waw atau Ya, karena ia berharakat dan huruf sebelumnya berharakat fathah, contoh: SHOONA dan BAA'A.

فَإِنْ اتَّصَلَ بِهِ ضَمِيْرُ الْمُتَكَلِّمِ, أَوْ الْمُخَاطَبِ أَوْ جَمْعِ الْمُؤَنَّثَةِ الْغَائِبَةِ. نُقِلَ فَعَلَ مِنَ الْوَاوِيِّ إِلَى فَعُلَ, وَمِنَ الْيَائِيِّ إِلَى فَعِلَ؛ دَلَالَةً عَلَيْهِمَا, وَلَمْ يُغَيَّرْ فَعُلَ, وَلَا فَعِلَ إِذَا كَانَا أَصْلِيَّيْنِ, وَنُقِلَتِ الضَّمَّةُ, وَالْكَسْرَةُ إِلَى الْفَاءِ, وَحُذِفَتِ الْعَيْنُ؛ لِالْتِقَاءِ الْسَّاكِنَيْنِ, فَتَقُوْلُ: صَانَ صَانَا صَانُوْا, صَانَتْ صانَتَا صُنَّ, صُنْتَ صَنْتُما صُنْتُمْ, صُنْتِ صَنْتُمَا صُنْتُنَّ, صُنْتُ صُنَّا. وَتَقُوْلُ فِي الْيَائِيِّ: بَاعَ بَاعَا بَاعُوْا, بَاعَتْ بِاعَتَا بِعْنَ, بِعْتَ بِعْتُمَا بِعْتُمْ, بِعْتِ بِعْتُمَا بِعْتُنَّ, بِعْتُ بِعْنَا.

Jika (fi'il madhi mu'tal 'ain/bina' ajwaf tsb) bersambung dengan dhamir mutakallim atau mukhotob atau jama' muannats ghaib, maka bina' ajwaf wawi yang ikut wazan FA'ALA (fathah ain fiil) dipindah dulu ke wazan FA'ULA (dhommah ain fi'il) dan untuk bina' ajwaf ya'i dipindah dulu ke wazan FA'ILA (fathah ain fi'il) demikian ini sebagai penunjukan atas kedua huruf tsb (WAW atau YA). Dan tidak ada pemindahan wazan FA'ULA ataupun FA'ILA, apabila wazannya memang asli demikian. Selanjutnya harakat Dhammah atau Kasrah tersebut, dipindah ke Fa' Fi'ilnya kemudian 'ain fi'ilnya dibuang karena bertemu dua huruf mati, contoh tashrif kamu berkata: SHOONA – SHOONAA – SHOONUU – SHOONAT – SHOONATAA – SHUNNA – SHUNTU – SHUNTUMAA – SHUNTUM – SHUNTI – SHUNTUMAA – SHUNTUNNA – SHUNTU – SHUNNAA. Dan untuk contoh tashrif ajwaf Ya'i: BAA'A – BAA'AA – BAA'UU – BAA'AT – BAA'ATAA – BI'NA – BI'TA – BI'TUMAA – BI'TUM – BI'TI – BI'TUMAA – BI'TUNNA – BI'TU – BI'NAA.

وَإِذَا بَنَيْتَهُ لِلْمَفْعُوْلِ. كَسَرْتَ الْفَاءُ مِنَ الْجَمِيْعِ, فَقُلْتَ: صِيْنَ.. إِلَى آَخِرِهِ, وَإِعْلاَلُهُ بِالنَّقْلِ وَالْقَلْبِ. وَبِيْعَ, وَإِعْلاَلُهُ بِالنَّقْلِ.

Apabila dibentuk mabni maf'ul (mabni majhul), maka fa' fiilnya diharakati kasrah untuk semuanya. Contoh tashrif SHIINA… dan seterusnya, I'lalnya dengan Naql (pemindahan: harakat 'ain fiil ke fa' fiil) dan Qolb (pergantian: Wawu ke Ya). Dan untuk contoh tashrif BII'A… dst, cukup di-I'lal dengan Naql (pemindahan) saja.

وَتَقُوْلُ فِيْ الْمُضَارِعِ: يَصُوْنُ, وَيَبِيْعُ, وَإِعْلَالُهُمَا بِالنَّقْلِ. وَيَخَافُ, وَيَهَابُ, وَإِعْلَالَهُما بِالْنَّقْلِ وَالْقَلْبِ

Dan kamu berkata untuk contoh fi'il mudhari'nya: "YASHUUNU dan YABII'U", keduanya di-I'lal dengan Naql saja. Sedangkan contoh "YAKHOOFU dan YAHAABU", keduanya di-I'lal dengan Naql dan juga Qalb.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan